terbaru

9 Penyebab lolohan/anak Burung Lovebird Mati, No 5 Kamu Mesti Tahu !

hewan adalah makhluk hidup yang dapat begitu saja mati tanpa sebab, jangankan oleh kita, dengan induknya saja anakan dapat mati, hal ini menjadi masalah para breeder ketika anakan dibantai induknya tapi ketika ingin kita loloh sendiri ternyata mati juga. Anakan atau piyikan lovebird yang tiba-tiba mati saat kita loloh  merupakan hal yang bukan hanya dialami oleh breeder pemula tapi juga senior dan biasa terjadi. Apalagi ada pada kondisi tertentu kondisinya masih bugar dan nafsu makan besar tiba - tiba mati.




Oleh karena itu banyak orang yang kebingungan apa penyebab dari kematian piyikan atau cindilan lovebird tersebut. Nah pada kali ini mimin akan menjelaskan penyebab anakan lovebird yang tiba-tiba mati saat proses meloloh/menyepet.


Selain banyak keuntungan yang didapat, namun ada juga kerugian yang di peroleh saat kita melakukan teknik hand feeding (hf)  salah satunya adalah anakan tiba-tiba mati, dalam proses HF butuh extra sabar dan steril agar burung tetap hidup, banyak yang HF karena alasan ingin agar burung bisa jinak maupun freefly

Kembali ke permasalahan utama, "kenapa anakan lovebird saya tiba-tiba mati?"

penyebab utama yang mengakibatkan anakan lovebird mati.



  1. Tidak tepatnya pakan lolohan yang diberikan. faktor nya adalah pakan yang tidak bagus, tingkat kekentalan maupun keenceran adonannyan juga jadi alasan. Jangan samakan antara adonan untuk anakan umur 14 hari dengan anakan umur 1 bulan. Perlu  diketahui bahwa semakin besar anakan, semakin kental juga adonan lolohannya. Dan semakin kecil umur piyikan, semakin encer adonannya.
  2. Terkena serangan snot, Snot merupakan sebuah virus yang menyerang sistem pernafasannya, biasanya gejalanya dapat dilihat dari matanya yang bengkak atau berair, jika sudah seperti ini perlu beli obat yang baik, anda dapat pesan di  wa mimin, 081911967824
  3. Tembolok yang mengeras, atau biasa disebut oleh peternak yaitu penyakit tembolok tidak turun. Merupakan hal sepele yang paling sering terjadi, tembolok tidak turun dapat mengganggu pernafasan bahkan mengganggu sistem pencernaannya. Alhasil anakan tidak kuat dan akhirnya mati. Mimin menyediakan pakan lolohan terbaik, silahkan wa mimin di nomor di atas
  4. Mati karena terlalu panasnya suhu tempat melolohnya, suhu yang baik untuk inkubator adalah 30-33 drajat saja
  5. Lovebird keselak
  6. Tembolok masuk angin juga bisa membuat anakan mati, hal ini terjadi saat kelalaian kita dalam meloloh. Kasus masuk angin ini adalah faktor kurang telitinya kita dalam meloloh menggunakan alat bantu spet sehingga masih terdapat angin tercampur pakan lolohannya. Solusinya adalah dipijit pelan pelan sampai anginnya keluar.
  7. Sarang terlalu dingin, nah kalo penyebab yang 1 ini dapat mudah teratasi jika kita rutin mengganti alas tempat piyikan setiap 3 hari sekali. Jangan samakan saat hand feeding dengan kondisi di dalam glodok, karena pada saat di glodok indukan pasti tau kondisi anakannya baik kedinginan maupun kepanasan.
  8. Yang terakhir adalah kurangnya multivitamin dan mineral yang diberikan saat meloloh, sobat juga bisa memberikan vitamin burung dewasa dengan cara mencampurkan ke pakan lolohannya.
  9. Yang paling terakhir adalah takdir.


Itulah penyebab piyikan lovebird mati secara mendadak versi Redaksikicau.com, jangan lupa share ya.

No comments:

Post a Comment

seputar burung unik Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Powered by Blogger.